PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS LOCAL WISDOM UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS IV SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Asih Mardati, Hanum Hanifa Sukma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar tematik integrative berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan interaksi social yang layak bagi siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengambangan. Pengembangan mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba yaitu expert judgement. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli bahasa. Hasil penelitian ini yaitu bahan ajar yang dikembangkan berupa buku ajar tematik integrative berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan interaksi sosial mempunyai tingkat kelayakan sangat baik sebagai bahan ajar pendamping. Berdasarkan penilaian ahli secara keseluruhan baik ahli materi, media, pembelajaran maupun ahli bahasa diperoleh tingkat kelayakan yang sangat baik, serta memiliki tingkat kepraktisan yang baik. Kendala yang dihadapi dalam pengembangan bahan ajar tematik integrative bebasis kearifan lokal yaitu terbatasnya sumber dan referensi tentang penulisan bahan ajar yang baik, yang digunakan sebagai acuan penulisan serta keterbatasan refrensi budaya asli kota Yogyakarta.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##