MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DIPADUKAN KOKAMI PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fadhelia Maudy
Kurnia Ningsih
Anisyah Yuniarti
Eko Sri Wahyuni
Titin

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat untuk menjamin tercapainya tujuan pembelajaran dan mempercepat proses pembelajaran guna memaksimalkan hasil belajar yang ingin diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan model STAD yang dipadukan dengan media KOKAMI untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang klasifikasi makhluk hidup di kelas VII G SMPN 21 Pontianak. Jenis penelitian ini dikenal sebagai penelitian tindakan kelas, atau PTK. Instrumen yang digunakan adalah kertas tes hasil belajar dan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan evaluasi hasil belajar sebagai metode pengumpulan data. Rata-rata prosedur pelaksanaan pada siklus I sebesar 93% dan pada siklus II sebesar 96,5% sesuai dengan temuan penelitian. Hasilnya, terjadi peningkatan sebesar 3,5% antara siklus I dan II, dan keterlaksanaan pembelajaran dikategorikan baik. Sedangkan pada siklus I dan II rata-rata nilai ketuntasan siswa masing-masing sebesar 78,5% dan 87,5% dari hasil belajar. Ini berarti kenaikan sebesar 9%. untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kokami dan STAD.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##