PENGARUH PEMBELAJARAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS AND MATHEMATICS (STEAM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wuli Oktiningrum
Adzimatnur Muslihasari
Dyah Ayu Pramoda Wardhani
Andi Wibowo

Abstract

Abstrak


Keterampilan berpikir kreatif menjadi salah satu dari kemampuan yang harus dikuasai oleh mahasiswa calon guru SD, karena dibutuhkan untuk mengembangkan diri dan memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari- hari. Jika kemampuan berpikir kreatif berkembang maka akan memunculkan ide atau gagasan, menemukan hubungan yang saling berkaitan, membuat dan melakukan imajinasi, dan memiliki banyak sudut pandang terkait banyak hal. Kenyataanya, hasil belajar siswa serta motivasi belajar siswa masih rendah, hal ini dipengaruhi oleh banyak factor, salah satunya adalah kurangnya kreativitas guru dalam mengajar atau menyampaikan materi. Maka dari itu penting sekali membekali mahasiswa dengan kemampuan berpikir kreatif, dengan memberikan soal – soal open ended atau model pembelajaran yang menuntut kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran STEAM merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu yang menuntut kreativitas mahasiswa dalam memecahkan masalah. Penelitian ini akan mengukur pengaruh antara pembelajaran STEAM dengan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru SD. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis non equivalent control group design. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,015 kurang dari 0,05 sehingga, H0 ditolak dan Ha di terima. Pada kemampuan berpikir kreatif diperoleh rata – rata 85. Berdasarkan tabel indicator kemampuan berpikir kreatif, maka skor tersebut termasuk dalam sangat kreatif. Sehingga, dapat disimpulkan jika pembelajaran STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa calon guru SD.


Kata Kunci: STEAM; Kemampuan Berpikir Kreatif; Kemampuan Abad 21


 


Abstract


Creative thinking skills are one of the abilities that must be mastered by prospective elementary teacher students, because they are needed to develop themselves and solve problems that occur in everyday life. If the ability to think creatively develops, it will bring up ideas or ideas, find interrelated relationships, create and carry out imagination, and have many points of view related to many things. In fact, student learning outcomes and student learning motivation are still low, this is influenced by many factors, one of which is the lack of teacher creativity in teaching or delivering material. Therefore, it is very important to equip students with the ability to think creatively, by giving open ended questions or learning models that demand creative thinking skills. STEAM learning is cross-disciplinary learning that demands student creativity in solving problems. This study will measure the effect between STEAM learning and the creative thinking skills of prospective elementary school teachers. The method used is experimental research with a type of non-equivalent control group design. Based on the results of hypothesis testing which states that the Sig. (2-tailed) value is 0.015 less than 0.05 so, H0 is rejected and Ha is accepted. Based on the indicator table of creative thinking ability, the score is included in very creative.


Keywords: STEAM; Creative Thinking Skills; 21 Century Skills.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##