POTRET GURU DI SEKOLAH PENGGERAK: STUDI KASUS DI SMPN 10 MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Komang Sulis Setiawati
Elisa Fadila Utami
Lalu Abdul Hafiz
Ginaya Aulia Wiraguna
Fitria Hartika
Edy Herianto

Abstract




SMP Negeri 10 Mataram ditetapkan sebagai sekolah penggerak, karena peran para guru yang mampu memaksimalkan tugas dan tanggung jawabnya dan saling bekerja sama sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja profesional guru SMP Negeri 10 Mataram dalam pembinaan karir melalui sekolah penggerak. Guru merupakan objek penelitian ini dengan fokus permasalahan pada (1) kinerja profesional guru, (2) standar kualifikasi akademik guru, dan (3) usaha sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guna mengembangkan karir guru. Metode penelitian ini jenisnya kualitatif berbentuk studi kasus, dimana untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukan analisis data secara studi kasus, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) semua guru SMP Negeri 10 Mataram telah memenuhi standar kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial yang ditetapkan dalam UU, (2) semua guru telah memenuhi standar kualifikasi akademik yang tinggi, sehingga berguna bagi pembinaan karirnya, dan (3) untuk meningkatkan kinerja profesional guru, pihak sekolah melakukan kegiatan in house training, komunitas belajar, dan workshop, serta pelatihan mandiri melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).




##plugins.themes.academic_pro.article.details##