PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGTENGAH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sani Kusumawardani
Sukmawati Berlian Susanti
Susilo Tri Widodo
Nur Indah Wahyuni
Mariyah

Abstract

Dalam penelitian ini, menggunakan media belajar dalam bentuk video animasi untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV jenjang SD/MI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik dari pembelajaran yang sebelumnya tidak menggunakan video animasi dan yang menggunakan video animasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, materi audio-visual, dan dokumentasi. Objek yang digunakan dalam penelitian ini peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Karangtengah yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil analisis dari penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan video animasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar dan semangat belajar peserta didik. Sekolah masih memiliki keterbatasan peralatan untuk menerapkan media pembelajaran berupa video animasi, sehingga ketika guru memanfaatkan media video animasi di kelas dapat meningkatkan minat pembelajaran dan meningkatnya keterlibatan lainnya, seperti pembelajaran lebih signifikan, motivasi, efisiensi, dan juga keaktifan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##