EFEKTIVITAS MEDIA KALENDER PANCASILA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH PERUMUSAN PANCASILA SDN KEDUNGPANE 01

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Misie Aditiyarini
Maharani Novtia Putri Amanda
Susilo Tri Widodo
Eri Suprih Hidayati

Abstract

Penggunaan Kalender Pancasila memiliki peran penting dalam Sejarah Perumusan Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara penerapan penggunaan kalender pancasila, kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran yaitu media kalender pancasila pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media kalender pancasila sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar sejarah perumusan pancasila siswa kelas IV SDN Kedungpane 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini menempuh 2 tahap, yakni tahap prasiklus dan siklus. Tahap prasiklus diperoleh hasil bahwa siswa masih kesulitan dalam mengingat tanggal-tanggal peristiwa sejarah perumusan pancasila, karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang efektif, sehingga proses pembelajaran yang berlangsung masih terkesan monoton dan menyebabkan siswa mengalami keterlambatan dalam memahami materi. Sementara pada tahap siklus, menjelaskan mengenai penerapan media kalender pancasila pada pembelajaran sejarah perumusan pancasila serta keefektifan penggunaan media kalender cerita pada pembelajaran sejarah perumusan pancasila. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media kalender pancasila yang telah dilakukan dapat dinilai bahwasanya media kalender pancasila ini sangat layak digunakan dalam keefektifan penggunaan media kalender pancasila sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar sejarah perumusan pancasila siswa kelas IV SDN Kedungpane 01.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##