PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Devi Riana Putri
Sabrina Amanda Liani
Susilo Tri Widodo
Andayani

Abstract




Pendidikan Pancasila di tingkat Sekolah Dasar seringkali dihadapi dengan kesulitan pemahaman materi yang kompleks. Penyajian materi yang hanya mengandalkan metode ceramah dapat menjadikan suasana pembelajaran kurang menarik, sehingga berpotensi mempengaruhi pencapaian hasil belajar para siswa. Untuk menangani permasalahan tersebut, penelitian melaksanakan penerapan model pembelajaran Jigsaw pada pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SDN Purwoyoso 01 yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan hasil observasi, tes, dan angket kegiatan pembelajaran. Siklus pertama mencapai ketuntasan 67% dengan rata-rata nilai 77,9 dengan kendala implementasi yang diatasi pada siklus kedua. Siklus kedua, ketuntasan meningkat menjadi 92% dengan rata-rata nilai 86,25. Hal tersebut menunjukkan efektivitas model Jigsaw. Observasi dan refleksi membantu mengatasi kendala pada siklus kedua, memastikan pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa penerapan model Jigsaw memberikan peningkatan pada pencapaian hasil belajar siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila di tingkat SD, serta memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran yang lebih partisipatif dan hasil yang lebih baik.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##