PENGARUH MEDIA PASIR MENGGUNAKAN RAINBOW WRITING TRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA DINI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adinda Armila Hasal
Rusmayadi
Herman

Abstract




Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang memiliki tujuan terhadap pengaruh media pasir menggunakan rainbow writing tray terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak yang berusia 4-5 tahun di TK Mapan kota Makassar. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel untuk penelitian ini 12 anak dengan rincian 6 anak masuk dalam kelompok eksperimen dan 6 anak masuk dalam kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis non parametrik sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak yang diberikan perlakuan dengan kegiatan media pasir menggunakan rainbow writing tray pada kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan poster huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak yang diberikan perlakuan dengan kegiatan media pasir menggunakan rainbow writing tray memberikan pengaruh yang positif atau signifikan terhadap kemampuan mengenal huruf pada anak dalam rentang usia 4-5 tahun di TK Mapan kota Makassar.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##