PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SD NEGERI WONOSARI 03

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Anggun Tri Wahyuni
Garsela Syakila Widyatama
Oktafian Endi Hidayanto
Susilo Tri Widodo

Abstract




Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas V SD Negeri Wonosari 03 dan mengetahui efektivitas model pembelajaran TGT dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Pendidikan Pancasila. Penelitian ini, metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini tergolong dalam penelitian tindakan yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Wonosari 03 di Jl. Raya Randugarut, Wonosari, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Prov. Jawa Tengah. Kelompok penelitian terdiri dari 27 siswa kelas V, 14 laki-laki dan 13 perempuan. Penerapan Model Pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan Pancasila ini dapat membantu meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi siswa. Adapun kendala-kendala yang terjadi dalam penerapan model pembelajaran TGT antara lain, perencanaan pelaksanaan model pembelajaran TGT ini dapat dibilang lumayan rumit, membutuhkan biaya lebih, serta membutuhkan banyak waktu. Selain itu, kendala yang dihadapi saat pelaksanaan model pembelajaran TGT ini yaitu pada saat mengkodisikan siswa di setiap kelompok.




##plugins.themes.academic_pro.article.details##