PENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA DINI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nurrahma
Muhammad Yusri Bachtiar
Syamsuardi

Abstract

Untuk mendeskripsikan anak usia dini di TK Mapan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, serta untuk mengetahui apakah penggunaan media wordwall memberikan dampak terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini di TK Mapan, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Kemampuan membaca permulaan merupakan variabel terikat dalam penelitian ini, sedangkan media wordwall merupakan variabel bebas. Purposive sampling digunakan untuk memilih populasi penelitian. Sejumlah 14 anak menjadi sampel penelitian. Kelas eksperimen terdiri dari 7 anak dan kelas kontrol terdiri dari 7 anak. Analisis menggunakan statistik deskriptif dan analisis nonparametrik dilakukan untuk pengumpulan data. Peningkatan rata-rata pada kelompok eksperimen 18,00, sedangkan peningkatan rata-rata pada kelompok kontrol 8,43 yang mendukung kesimpulan bahwa anak-anak di kelompok eksperimen memiliki kemampuan membaca awal lebih baik daripada anak-anak di kelompok kontrol. Nilai sig.ditampilkan dalam hasil tes. (2-tailed) = 0.017 0.05 menunjukkan bahwa  ditolak dan diterima yang menunjukkan bahwa Media Wordwall memiliki dampak yang besar terhadap kemampuan membaca awal anak usia dini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##