PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KEATIF – PRODUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

YUDI YUNIKA PUTRA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran kreatif-produktif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas X SMAN 6 Bandar Lampung dan apakah rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran kreatif-produktif. Metode penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan siswa kelas X.3 SMAN 6 Bandar Lampung dengan berturut-turut sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa tes yang dianalisis berdasarkan nilai perbutir soal. Dalam penelitian ini didapatkan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan mengunakan rumus statistik t-tes didapat t=  3,71 dan dari tabel distribusi t pada taraf signitifikan 0,05 diketahui ttab = t(1 – ½ α)  = 2,00   dan t(1 – α)  = 1,67   berarti t> t, maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan  strategi pembelajaran kreatif-produktif berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##