PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DI PAUD KARTINI

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sri Dewi Safirah
Herlina
Parwoto
Angri Lismayani

Abstract

Anak-anak PAUD Kartini belum mencapai tingkat pengenalan angka yang maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif terhadap kemampuan pengenalan bilangan anak kelompok B Paud Kartini. Metode penelitian ini kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak yang dibagi menjadi kelompok eksperimen sejumlah 10 anak dan kelompok kontrol sejumlah 10 anak. Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik non parametrik dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pengenalan bilangan anak yang menerapkan model pembelajaran kooperatif berpasangan pada kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Rata-rata peningkatan kemampuan pengenalan bilangan anak yang dihitung dari hasil analisis butir soal sebesar 21,60% pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan 12,00% pada kelompok kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jika nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memiliki pengaruh yang nyata terhadap anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##