UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS IV SD NEGERI 22 SUNGAILIAT DENGAN MENGOPTIMALKAN MEDIA FOTO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

UMI SUMIATI

Abstract

Penelitian ini dilandasi permasalahan kemampuan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 22 Sungailiat masih rendah. Peserta didik merasa kurang menarik terhadap materi yang disajikan guru. Bentuk penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan media foto pada pembelajaran. Subjek dalam penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 22 Sungailiat dengan jumlah populasi sebanyak 11 siswa. Pengumpulan data, digunakan yaitu metode test, pengamatan  dan dokumentasi.  Metode test digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam bercerita setelah siswa mendapatkan pengajaran siklus I siklus II dan siklus III. Metode pengamatan digunakan untuk mengetahui kondisi sekolah, kondisi siswa saat mendapatkan pengajaran baik pada siklus I, siklus  II maupun siklus III. Metode dokumentasi  digunakan  untuk mengetahui nama-nama subjek  penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwanilai rata-rata kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV sebelum pelaksanaan perbaikan adalah 57,  pada siklus I sebesar 63, pada siklus  II sebesar 77 dan pada siklus III sebesar 85 sehingga  terdapat  kenaikan  nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II dan siklus III. Persentase kemampuan bercerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa sebelum pelaksanaan perbaikan hanya 9% dengan jumlah 1 siswa mampu bercerita dari jumlah 11 siswa keseluruhan, pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 27% dengan jumlah 3 siswa mampu bercerita dari jumlah 11 siswa keseluruhan, kemudian setelah pelaksanaan siklus II meningkat kembali sebesar 64% dengan jumlah 7 siswa yang mampu bercerita dan kembali meningkat setelah pelaksanaan tindakan siklus III terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 91% dengan jumlah 10 siswa yang  mampu bercerita dari 11 siswa keseluruhan. Dengan demikian terdapat peningkatan kemampuan bercerita siswa dari kondisi awal ke siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Maka dapat dibuat suatu kesimpulan dengan menggunakan media foto dapat meningkatkan bercerita siswa kelas IV SD Negeri 22 Sungailiat mata pelajaran Bahasa Indonesia semester II tahun pelajaran 2013/2014.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##