IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MEMBERIKAN LAYANAN DI SD STKIP MUHAMMADIYAH BANGKA BELITUNG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

DIAH RINA MIFTAKHI, IFUL RAHMAWATI MEGA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi komponen manajemen mutu terpadu yang terdiri dari kualitas layanan yang diberikan sekolah, sumber daya manusia dalam mengajar, lingkungan sekolah, dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini antara lain kepala sekolah, guru, pegawai, dan siswa. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, perpanjangan waktu penelitian dan ketekunan pengamatan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Huberman melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Mutu layanan terhadap siswa di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung sudah memenuhi standar layanan yang baik. Hal ini dilihat dari layanan fisik berupa: ruang belajar, pendopo untuk kegiatan TPA dan lapangan olahraga. Sedangkan layanan non fisik berupa layanan pembelajaran dalam bidang intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pembelajaran keagamaan; (b) Mutu sumber daya manusia dalam proses pendidikan menunjukkan sumber daya guru yang baik. Hal ini terealisasi dengan para guru yang memenuhi standar kompetensi sebagai seorang pendidik, yaitu 90% pendidik berkualifikasi S1, mengajar sesuai keahliannya dan untuk meningkatkan profesionalisme guru SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung mengikutsertakan para guru dalam pelatihan tentang pendidikan. (c) Mutu lingkungan yang ada di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung sudah baik. Ini terlihat dari letak sekolah yang jauh dari keramaian, ruang kelas, dan lapangan olahraga. Lingkungan sosial, yaitu dengan terjalinnya hubungan yang baik antara kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa seperti mengucapkan salam saat bertemu. (d) Mutu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari realisasi bentuk kegiatan melalui (1) perencanaan pembelajaran, berupa adanya RPP setiap mata pelajaran (2) pelaksanaan pembelajaran, yang meliputi strategi dan metode yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran yang meliputi tes dan tugas, sedangkan tindak lanjut yang dilakukan berupa remedial bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar dan pengayaan bagi siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##