PENGEMBANGAN E-COMIC DENGAN APLIKASI COMIC LIFE 3 MATERI BERBAIK SANGKA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk E-Comic dengan menggunakan aplikasi comic life 3 materi berbaik sangka di SDN 04 Batuhampar yang valid dengan model pengembangan 4-D, yakni Define, Design, Develop, dan Disseminate. Tahapan pertama yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan pembelajaran PAI, melakukan analisis terhadap media yang digunakan oleh guru, analisis karakteristik siswa, analisis silabus serta SK dan KD yang ada pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas VI SDN 04 Batuhampar dengan objek penelitiannya yaitu siswa Kelas VI SDN 04 Batuhampar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar validasi yang diisi oleh 4 orang validator ahli. Kedua tahapan Design, dengan langkah awal pembuatan E-Komik, yakni membuat script/naskah alur cerita dalam komik dan memilih kerangka panel komik. Berdasarkan aspek kualitas isi dan tujuan diperoleh hasil 85%, aspek kualitas Design diperoleh hasil 88%, dan aspek kualitas teknis diperoleh hasil sebesar 90%. Ketiga tahapan Development atau pengembangan, tahapan inilah media pembelajaran dibuat dan dikembangkan sesuai dengan naskah yang sudah dirancang yang hingga menjadi produk awal. Secara total, berdasarkan hasil validasi dari empat validator diperoleh angka sebesar 87,6% dengan kriteria sangat valid, sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.