PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN IT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PENDAMPINGAN TUTOR SEBAYA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Defi Nofalia

Abstract

Rendahnya mutu proses pembelajaran pada SMPN 5 Muntok disebabkan oleh kecenderungan, yakni sebagian guru belum menggunakan IT dalam proses pembelajaran dan belum memiliki motivasi untuk membuat perencanaan pembelajaran dengan mengembangkan skenario pembelajaran yang kreatif. Permasalahan tersebut diatasi dengan peran manajerial kepala sekolah melalui supervisi akademik memberikan pembimbingan secara individu dalam menyusun melalui rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pendampingan tutor sebaya mulai dari perencanaan, pelaksanaan proses belajar mengajar, sampai evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran pada SMPN 5 Muntok Kabupaten Bangka Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (action research) dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, pengisian angket, pengisian instrumenkegiatan, dan tes penggunaan materi penelitian sebelum serta sesudah tindakan pengajaran dilakukan. Hasil penelitian untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penguasaan IT sebagai proses pembelajaran tutor sebaya, penggunaan ITdalam peningkatan kinerja guru dalam pembuatan media pendidikan untuk pembelajaran secara keseluruhan menjadi 55% setelah tindakan siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 75% setelah tindakan siklus II. Terjadi peningkatan sebesar 20% menunjukkan bahwa kepala sekolah berhasil sebagai manajer dalam penelitian ini di SMPN 5 Muntok Tahun Pelajaran 2021/2022 dalam pengelolaan pembelajaran. 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##