PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN KONTEKS KOTA LUBUKLINGGAU MATERI BARISAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Nabila Putri Isamer
Rani Refianti
Yufitri Yanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis mobile learning dengan menggunakan konteks Kota Lubuklinggau yang valid dan praktis, serta memiliki efek potensial. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Develop), implementasi (Implement), dan evaluasi (Evaluate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket, wawancara, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 32 siswa. Dari hasil penelitian diperoleh media pembelajaran yang valid dengan hasil kevalidan 80% dan praktis dengan dengan hasil kepraktisan 92,19%; serta memliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dimana 31 siswa (96,9%) termasuk dalam kategori telah tuntas sedangkan ada 1 siswa (3,1%) belum tuntas dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang ditetapkan sekolah minimal siswa mendapat nilai 70. Efek potensial media pembelajaran dikategorikan sangat baik.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##