PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SMASH BULUTANGKIS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan dari penelitian pengembangan produk ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan kualitas keterampilan smash pada olahraga bulutangkis. Penelitian pengembangan model pembelajaran keterampilan smash bulutangkis di Sekolah Menengah Atas ini menggunakan metode Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Ada 30 item model pembelajaran dari tes awal yang dilakukan diperoleh akumulasi tingkat kemampuan smash siswa sebesar 793 dalam melakukan smash, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa 30 item model pembelajaran keterampilan smash diperoleh sebesar 940 siswa dalam melakukan smash. Maka 30 item model pembelajaran keterampilan smash bulutangkis untuk siswa Sekolah Menengah Atas yang telah dikembangkan adanya perbedaan dari pretest dan posttest antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Maka dapat disimpulkan adanya peningkatan kemampuan smash bulutangkis untuk siswa Sekolah Menengah Atas.