MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS PERILAKU SISWA SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Adi Saputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan berbasis perilaku siswa di SD IT Al Bina Kota Pangkalpinang. Metode penelitian ini menggunakan studi lapangan merupakan penelitian kualitatif dimana peneliti mengamati dan partisipasi secara langsung dalam sekala sosial kecil dan mengamati budaya setempat.
Artikel ini membahas Hasil penelitian tentang manajemen kurikulum pendidikan agama islam di sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perencanaan kurikulum pendidikan agama islam menggunakan acuan kurikulum 2013. Desain kurikulum pendidikan agama islam menekankan pada pengalaman pemebelajaran. (2) kurikulum pendidikan agama islam dikelompokan dalam beberapa bidang yaitu akidah, akhlak, Qur’an dan hadis, fiqih, sejarah islam dab bahasa Arab. (3) pelaksanaan kurikulum PAI melibatkan peran kepala sekolah, guru, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berkarakter, pembiasaan dan keteladanan, serta kegiatan ekstrakurikuler. (4) Evaluasi pembelajaran yang digunakan adalah penilaian proses dengan mengamati aktivitas siswa dan penilaian tugas (portofolio) serta memantau keberhasialan pembelajaran siswa di kelas.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##