PENGARUH MEDIA SOSIAL “WHATSAPP” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

M. Daud Batubara
Zohri Hamdani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial “Whatsapp†sebagai media pembelajaran terhadap hasil pembelajaran siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu Whatsapp sebagai media pembelajaran sebagai variabel bebas (X1) sedangkan prestasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y1), populasi sebanyak 40 siswa dan sampel ini menggunakan cluster kelas yaitu delapan belas siswa kelas B pada Siswa Pendidikan Agama Islam. Semester II Negeri Islam (STAIN) Mandailing Natal 2019/2020 Tahun. Untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner dengan membagikan formulir google di grup Whatsapp. Analisis data menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan nilai F sebesar 0,106 dan signifikan 0,749> 0,05. Artinya variabel independen berpengaruh baik terhadap variabel dependen.


 


Abstract


This study aims to know the effect of social media “Whatsapp†as learning media on students’ learning achievement. There are two variables in this study namely Whatsapp as learning media as independent variable (X1) while students’ learning achievement as dependent variable (Y1), Forty students as population and this sample uses cluster class namely eighteen students class B at Students of Islamic Education, the second semester, State of Islamic (STAIN) Mandailing Natal 2019/2020 Years. To collect data uses questioner by sharing google form in Whatsapp group. This data analysis uses SPSS 16. The result of this study shown that the F value is 0.106 and significant 0.749 > 0,05. This means that independent variable have good effect toward dependent variable.


 

##plugins.themes.academic_pro.article.details##