MEDIA DULANG DAN TUDUNG SAJI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE BERMAIN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DIKELAS II SD NEGERI I PANGKALPINANG

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

ISHAK,M.Pd

Abstract

Karya Inovasi Pembelajaran mengenai Media dulang dan tudung saji untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa melalui metode bermain pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelasII SD Negeri 1 Pangkalpinang yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 April 2017, yang melatar belakangi penelitian ini adalah anakmasih mengalami kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berbicara secara lisan dan hasil belajar masih sangat rendah. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbicara secara lisan dan hasil belajar siswa kelas II. Metode yang digunakan adalah bermain, tanya jawab,pemberian tugas dan demontrasi,unjuk kerja. Subjek pelaku  adalah guru,dan subjek penerima tindakan adalah anak siswa kelas II SD Negeri I Pangkalpinang Tahun ajaran  2016/2017. Dari penerapan karya inovasi didapatkan hasil bahwa nilai rata-rata anak selama proses perbaikan daripra siklus nilai 50,siklus I nilai 70, dan siklus II nilai 83,dan mengalamipeningkatan yang signifikan. Dari hasil penerapan karya inovasi prasiklus I,dan siklus II disimpulkan bahwa pembelajaranMedia dulang dan tudung saji melalui metode bermain  dikelas II SD Negeri 1 Pangkalpinang pada Pelajaran Bahasa Indonesia mengalami peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dan mencapai ketuntasan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##