HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Desi Rahmayanti Harahap

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan sampel penelitian 30 siswa dengan tekhnik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kusioner kecerdasan emosional siswa dan tes hasil belajar pada materi virus. Tekhnik analisa data dengan uji korelasi product moment pearson. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berdasarkan jenis kelamin perempuan sebanyak 16 siswa dengan persentase 53,5%, dan laki-laki sebanyak 14 siswa dengan persentase 46,5%, dan berdasarkan 5 aspek penelitian,  aspek mengenali emosi diri sebesar 63,4% (sedang), mengelola emosi diri sebesar 60% (sedang), motivasi diri sebesar 85,4% (tinggi), mengenali emosi orang lain sebesar 79,4% (tinggi), membina hubungan sebesar 79,8% (tinggi). Tingkat keberhasilan hasil belajar siswa dengan kriteria sangat baik 1 siswa dengan persentase 3%, baik sebanyak 13 siswa dengan persentase 44%, cukup baik sebanyak 12 siswa dengan persentase  40%, kurang baik sebanyak 4 siswa dengan persentase 13%, kriteria sangat kurang tidak ada. Hasil analisis data nilai koefisien korelasi sig (2-tailed) 0,01 < 0,05 (α= 5%) dan nilai thitung > ttabel (0,571 > 0,361), yang menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa dengan kontribusi 32,6%.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##