Beberapa kebijakan dalam peninjauan Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan sebagai berikut:
- Setiap naskah artikel yang dikirim akan ditinjau oleh minimal 2 (dua) reviewers.
- Proses review menggunakan double blind, yakni reviewers tidak mengetahui identitas penulis dan penulis tidak tahu identitas reviewers.
- Dalam proses review, reviewers mempertimbangkan korespondensi judul, abstrak, hasil dan pembahasan, simpulan dan saran. Selain itu, reviewers juga mempertimbangkan kebaruan, dampak ilmiah, dan daftar pustaka yang digunakan dalam artikel ini.
Tanggapan reviewers akan menjadi dasar bagi editor untuk menyimpulkan:
- Diterima,
- Diperlukan revisi, atau
- Ditolak.
Sebuah artikel ditolak untuk dipublikasikan karena berbagai pertimbangan:
- Artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan.
- Artikel tidak mengikuti aturan penulisan jurnal ilmiah atau pedoman penulis.
- Kesalahan metodologi yang mendasar.
- Penulis menolak saran perbaikan yang diberikan oleh reviewers tanpa dasar logis.
- Ada indikasi plagiarisme lebih dari 30%.