1) Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian tentang pendidikan yang belum pernah diterbitkan.

2) Naskah diketik dengan program Ms. Word, huruf Times New Roman ukuran 12 pt. Menggunakan kertas A4 dengan batas atas, batas bawah, batas kiri, dan batas kanan masing-masing 2,5 cm. Artikel ilmiah diketik dalam Bahasa Indonesia atau Inggris dengan jarak antar baris 1 (satu) spasi dengan jumlah 5-10 halaman.

3) Naskah dikirim secara online melalui Open Journal System (OJS) Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan di https://edutainment.unmuhbabel.ac.id/index.php/Edutainment.

4) Semua penulis pada artikel ilmiah harus dicantumkan/diketik pada OJS saat mengisi “penulis” pada proses submit artikel ilmiah.

5) Sistematika artikel ilmiah terdiri dari Judul, Identitas (Nama, Instansi, dan E-mail), Abstrak Bahasa Indonesia dan Inggris disertai kata kunci, Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka.

6) Judul artikel ilmiah paling banyak terdiri dari 15 kata, diketik dengan rata tengah (Center) menggunakan huruf Times New Roman ukuran huruf 14 pt, semua huruf ditebalkan (Bold), dan menggunakan huruf kapital.

7) Identitas penulis harus diisi dengan nama lengkap tanpa gelar akademik. Jika penulis lebih dari satu, maka semua penulis harus dituliskan nama lengkapnya. Semua nama penulis menggunakan huruf Times New Roman ukuran 14 pt dan ditebalkan (Bold). Di bawah nama dicantumkan instansi asal dan e-mail semua penulis dengan huruf Times New Roman ukuran 14 pt, tidak perlu ditebalkan.

8) Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12 pt dengan tulisan judul yang ditebalkan (Bold), sedangkan isi abstrak tidak perlu ditebalkan. Panjang abstrak dalam Bahasa Indonesia antara 150-200 kata dengan 1 (satu) spasi, sedangkan dalam Bahasa Inggris penyesuaian. Ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Kata kunci maksimal terdiri dari 5 (lima) kata atau frase yang dipisah menggunakan tanda titik koma, dan urutannya secara alfabetis. Kata kunci yang diisikan pada OJS merupakan abstrak dalam Bahasa Indonesia.

9) Pendahuluan diketik dalam huruf Times New Roman ukuran 12 pt dengan tulisan judul yang ditebalkan (Bold), sedangkan isi pendahuluan tidak perlu ditebalkan. Pendahuluan harus jelas dan deskriptif, penjelasan pendahuluan dijelaskan mulai dari bagaimana latar belakang masalah, penelitian, dan teori-teori yang terkait dengan penelitian. Latar belakang, tujuan penelitian, maupun teori tidak dibuat dalam bentuk sub judul, namun ditulis deskripsi yang berkaitan dengan hal tersebut. Pendahuluan paling tidak memuat lima hal, yakni: 

- Isu yang terkait dengan penelitiannya,

- Bagaimana tanggapan peneliti tentang tanggapan tersebut,

- Bagaimana penelitian yang relevan tentang isu tersebut,

- Bagaimana kebaruan penelitian yang dilakukan yang didukung dengan teori yang relevan, dan

- Bagaimana fokus penelitian yang akan dilakukan.

10) Metode penelitian diketik dalam huruf Times New Roman ukuran 12 pt dengan tulisan judul ditebalkan (Bold), sedangkan isi metode penelitian tidak perlu ditebalkan. Metode penelitian paling tidak menjelaskan tentang metode penelitian yang digunakan, disertai alasan mengapa menggunakan metode tersebut, prosedur penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data. Beberapa hal tersebut ditulis secara deskriptif dalam satu-kesatuan yang utuh atau dibuat dalam bentuk sub judul.

11) Hasil dan pembahasan data penelitian, analisis data penelitian, jawaban dari pertanyaan penelitian, dan analisis terhadap temuan selama penelitian.

12) Simpulan berisi kesimpulan hasil penelitian terkait dengan pertanyaan penelitian. Bagian ini juga ditambahkan saran.
13) Daftar Pustaka berisi semua sumber rujukan yang ada di artikel ilmiah pada daftar pustaka, dan tidak ada referensi dari internet (situs web) yang tidak dapat dipermudah.

 

Buku:

Freudenthal, H. (1991). Meninjau kembali Pendidikan Matematika. Dordrecht: Penerbit Akademik Kluwer.

Ary, D., Jacobs, L. C., & Razavieh, A. (1976). Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh F. Arief. (1982). Surabaya: Usaha Nasional.

 

Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian:

Prahmana, R. C. I. (2012). Pendesainan Pembelajaran Operasi Bilangan Menggunakan Permainan Tradisional Tepuk Bergambar untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar (SD). Skripsi tidak diterbitkan Palembang: Universitas Sriwijaya.

Zulkardi. (2002). Lingkungan Belajar Pendidikan Matematika Realistis bagi Guru Siswa Indonesia. Disertasi yang Diterbitkan. Jadwalkan: Universitas Dua.

Prahmana, R. C. I., Hendrik, Sopaheluwakan, A, van Groesen, B. (2008). Implementasi Numerik Model Linear AB–Persamaan Menggunakan Metode Elemen Hingga, Laporan Teknis. Bandung: LabMath–Indonesia.

 

Simposium, Prosiding, Konferensi:

Cobb, P. (1994). Teori Pembelajaran Matematika dan Konstruktivisme: Pandangan Pribadi. Makalah dipresentasikan pada Simposium tentang tren dan perspektif dalam pendidikan matematika, Institut matematika, Universitas Klagenfurt, Austria.

Prahmana, R. C. I. (2013). Perancangan Pembelajaran Operasi Divisi pada Matematika Gasing. Prosiding dalam Konferensi First South East Asia Design/Development 

Research (SEA–DR) 2013, 391–398. Palembang: Universitas Sriwijaya.

 

Artikel dalam Jurnal:

Stacey, K. (2010). Pandangan literasi matematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (IndoMS–JME), 2 (2), 1–24. Palembang: Indo MS.

 

Buku terdiri dari beberapa artikel:

Saukah, A. & Waseso, M. G. (Eds.). (2002). Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah (Edisi ke–4, beton ke–1). Malang: UM Press.

Russel, T. (1998). Sebuah Konsepsi Alternatif: Mewakili Representasi. Dalam P. J. Black & A. Lucas (Eds.), Ide Informal Anak dalam Sains, 62–84. London: Routledge.

 

Artikel dalam Majalah:

Pitunov, B. (13 Desember 2002). Sekolah unggulan ataukah sekolah pengunggulan?. Majapahit Pos, hal. 4, 11.

 

Artikel dalam Majalah (tanpa nama penulis):

Jawa Pos. (22 April 1995). Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri, halaman 3.

 

Dokumen Resmi:

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1978). Pedoman Penulisan Laporan Penelitian. Jakarta: Depdikbud.

Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 2 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (1990). Jakarta: PT Armas Duta Jaya.

 

14) Penulisan artikel ilmiah sesuai dengan Template Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

15) Untuk memperhatikan duplikasi, falsifikasi, pabrikasi, dan plagiarisme.

16) Semua sumber pustaka yang dikutip penulis terkait dengan hak cipta (HKI) merupakan tanggung jawab penulis sepenuhnya.